Minggu, 30 Mei 2010

MGMP BASA SUNDA SMA/SMK/MA KOTA BOGOR

MGMP BAHASA DAN SASTRA SUNDA SMA/SMK/MA SE-KOTA BOGOR
Posted on Oktober 15, 2008 by ambuhegar

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan suatu wadah perkumpulan bagi guru mata pelajaran yang berada di suatu wilayah/ kabupaten/kota/kecamatan/sanggar/gugus sekolah. Fungsi MGMP adalah sarana untuk saling berkomunikasi, belajar, bertukar pikiran dan pengalaman, serta berbagi hasil pelatihan, dalam rangka meningkatkan kinerja guru sebagai pelaku perubahan reorientasi pembelajaran di kelas.


Tugu Kujang Kebanggaan Warga Bogor

MGMP Bahasa dan Sastra Sunda lahir sejalan dengan diberlakukannya kurikulum bahasa daerah
untuk SMA/SMK/MA di Jawa Barat. Sebelum terbentuknya MGMP Bahasa dan Sastra Sunda di kota Bogor diawali dengan Pelatihan Sosialisasi Kurikulum Bahasa Sunda Se-Jawa Barat yang diikuti oleh : Dra. Neneng Tuti Yuniarti (SMAN 4), Owon Wirawan, S.Sos,(SMA YZA 2), Drs. Ahmad Santoso (SMAN 2), Drs. Asep Mulyana (SMA Kosgoro), dan H. Cecep, S.Pd. (SMAN 8). Selanjutnya kami berunding untuk menindaklanjuti pembentukan MGMP Bahasa dan Sastra
Sunda di kota Bogor. Alhamdullilah kami dapat mewujudkan pada tangal 27 Juli 2006 , bertempat di SMAN 4 Bogor, dihadiri bapa Drs. Dodo (pengawas), bapa Drs. Maman Suherman (kepala sekola SMAN 4 Bogor) dan perwakilan guru bahasa Sunda SMA/SMK/MA sebanyak 50 guru.Berdasarkan pemilihan maka diangkat sebagai ketua MGMP Dra. Neneng Tuti Yuniarti ( SMAN 4 Bogor) dan Drs. Maman Suherman sebagai ketua Sanggar sampai sekarang.

MGMP bahasa dan Sastra Sunda Kota Bogor mengorientasikan kegiatannya kepada tercapainya guru-guru yang berkualitas, kreatif, inovatif dan profesional. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi :
1. Pengembangan potensi guru di dalam melakukan proses pembelajaran dan pengembangan administrasi pembelajaran
2. Menambah wawasan guru mengenai hal-hal esensial dalam pembelajaran bahasa dan sastra Sunda.
3. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam rangka pelestarian dan pengembangan budaya.
4. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam pembelajaran bahasa dan Sastra Sunda untuk meningkatkan apresiasi sastra.
5. Bekerja sama dan ikut melaksanakan program-program dengan dinas pendidikan dan instansi yang berkaitan dengan bahasa dan sastra Sunda.
6. Berkreasi dan menghargai artistik, budaya, dan karya intektual Sunda serta menerapkan nilai-nilai luhur untuk meningkatkan kematangan pribadi, kematangan sosial, dan kematangan emosional.
VISI

Guru Mata Pelajaran bahasa dan Sastra Sunda yang profesional dan unggul dalam penguasaan bahasa dan sastra Sunda, pedagogik, serta mampu menggunakan perangkat teknologi informasi ( IT )

SUSUNAN PENGURUS

Ketua Sanggar : Drs. Maman Suherman (SMAN 4 Bogor)
PJBA : Drs. Dodo Saefullah H. (Pengawas)
Ketua : Dra. Neneng Tuti Y (SMAN 4 Bogor)
Sekretaris : Dra. Dais Nur Faridah (SMKN 3 Bogor)
Dra. Lina Sugiharti (SMAN 7 Bogor)
Bendahara : Dra. Cucu Sadiyah (SMAN 1 Bogor)
Dra. Lilis Solihat (SMKN 1 Bogor)
Pengembangan Bahan Ajar : Dra. Sukmawati (SMAN 3 Bogor)
Dra. Wiwin (SMAN 1 Bogor)
Lanny S.Ss (SMKN 1 Bogor)
Inovasi Pengajaran : Dra. Ida Rosidah (SMKN 2 Bogor)
Dra. Izra (SMAN 10)
Dra. Imas (SMAN BM Bogor)
Evaluasi : Dra. Ros (SMA PGRI 4 Bogor)
Drs. Tata (SMKN 3 Bogor)
Drs. Ahmad Santoso (SMAN 2 Bogor)
DIarsipkan di bawah: MGMP Ditandai: , , ,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar